Minggu, 28 September 2014

Pengertian dan Unsur Komunikasi


Pengantar Ilmu Komunikasi

            Banyak pakar yang mengatakan bahwa komunikasi adalah suatu kebutuhan yang sangat fundamental bagi seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.
            Harold D. Lasswell salah seorang peletak dasar ilmu komunikasi lewat ilmu politik menyebut 3 fungsi dasar yang menjadi penyebab, mengapa manusia perlu berkomunikasi:

1. Hasrat  manusia untuk mengontrol lingkungannya.
2. Upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan
     lingkungannya
3. Upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi

Ketiga fungsi ini menjadi patokan dasar bagi setiap individu dalam berhubungan dengan sesama anggota masyarakat.
                                      
Pengertian Komunikasi
            Salah satu persoalan dalam memberi pengertian atau
definisi tentang komunikasi, yakni banyaknya definisi yang telah di buat oleh pakar pada bidang ilmunya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya disiplin ilmu yang telah memberi masukan terhadap perkembangan ilmu komunikasi.
            Sebuah definisi yang dibuat oelh kelompok sarjana komunikasi yang mengkhususkan diri pada studi komunikasi antarmanusia (human communication) bahwa:

“komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengaturlingkungan-lingkungannya dengan (1) membangun hubungan antarsesama manusia; (2) melalui pertukaran informasi; (3) untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain; serta (4) berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu.” (Book, 1980)

            Everett M. Rogers seorang pakar Sosiologi Pedesaan Amerika membuat definisi bahwa:
“Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.”

            Definisi ini kemudian dikembangkan oleh Rogers bersama Lawrence Kincaid (1981) sehingga melahirkan suatu definisi baru yang menyatakan bahwa:
“Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.”

            Definisi-definisi yang dikemukakan di atas tentunya belum mewakili semua definisi komunikasi yang telah dibuat oleh banyak pakar, namun sedikit banyaknya kita telah dapat memperoleh gambaran seperti apa yang diungkapkan oleh Shannon dan Weaver (1940) bahwa komunikasi adalah bentuk interkasi manusia yang saling pengaruh memengaruhi satu sama lainnya,  sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi mengunakan Bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.



Unsur-unsur Komunikasi
            Dalam ilmu pengetahuan unsur atau elemen adalah konsep yang dipakai untuk membangun suatu ilmu pengetahuan (body of knowledge).
            Komunikasi adalah prosespenyampaian pesan dari seseorang kepada oranglain dengan tujuan untuk memengaruhi pengetahuan atau prilaku seseorang. Dari pengertian komunikasi yang sederhana ini, maka kita bisa mengatakan bahwa suatu proses komunikasi tidak akan bisa berlangsung tanpa didukung oleh unsur-unsur; pengirim (source), pesan (message), saluran/media (channel), penerima (receiver), dan akibat/pengaruh (effect). Unsur-unsur ini bisa juga disebut komponen atau elemen komunikasi.
            Terdapat beberapa macam pandangan tentang banyaknya unsur atau elemen yang mendukung terjadinya komunikasi. Aristoteles, ahli filsafat Yunani Kuno dalam bukunya Rhetorica menyebut bahwa suatu proses memerlukan tiga unsur yang mendukungnya, yakni siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan, dan siapa yang mendengarkan. Kaitan antara unsur dengan unsur lainnya dapat dilihat sebagai berikut.

Sumber
Sumber peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi

Pesan
Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima.

Media
Media yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima.


Penerima
Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber

Pengaruh
Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.

Tanggapan balik
Ada yang beranggapan bahwa tanggapan balik adalah sebenarnya adalah salah satu bentuk daripada pengaruh yang berasal dari penerima

Lingkungan
Lingkungan atau situasi ialah faktor-faktor tertentu yang dapat memengaruhi jalannya komunikasi

Setiap unsur memiliki peranan yang sangat pentingdaam membangun proses komunikasi. Bahkan ketujuh unsur ini saling bergantung satu sama lainnya. Artinya, tanpa keikutsertaan satu unsur akan memberi pengaruh pada jalannya komunikasi.


______________________________________________________________________________


Daftar Pustaka


Cangara, Hafied (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar